Wednesday, August 3, 2011

Perubahan paradigma pendidikan: Mengapa kita tidak mendapatkan hal yang terbaik dari seseorang?

Changing Education Paradigms - Sir Ken Robinson
Mengapa kita tidak mendapatkan hal yang terbaik dari seseorang? Sir Ken Robinson berpendapat bahwa itu karena kita telah dididik untuk menjadi pekerja yang baik, bukan pemikir kreatif. Siswa dididik dengan pikiran dan badan yang gelisah - jauh dari pembudidayaan energi kreatifitas dan rasa ingin tahu - hal ini telah lama diabaikan atau bahkan menjadi stigma, dengan konsekuensi yang mengerikan "Kita mendidik seseorang dengan mengabaikan kemampuan kreativitas mereka," kata Robinson. 

Pada dasarnya, Sir Ken Robinson mempertanyakan sistem pendidikan yang tidak menyajikan sisi kreatif, kita perlu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang dia sampaikan - masalah yang  kita sangat sadari. Siapapun bisa mengkritik sistem, tetapi sedikit  yang bisa memperbaikinya. 

Solusi Apa yang kita pikir akan mengatasi masalah yang Robinson jelaskan? Kita memiliki banyak pemikiran mengenai hal ini, terutama untuk mereka yg telah mengajar di beberapa universitas di negeri ini; tapi jiwa, pikiran dan tangan kita terperangkap dalam kebijakan yang ada sekarang, sehingga mengeluh bukan sesuatu yang dapat kita lakukan untuk  saat ini. Namun, seperti yang sering dikatakan, salah satu pedagogi dan pelajaran  efektif yang telah kita temukan adalah belajar dari kesalahan kita dan yang dilakukan oleh orang lain sebelumnya. 

<iframe width="640" height="390" src="http://www.youtube.com/embed/zDZFcDGpL4U" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

No comments: