Monday, August 22, 2011

Pernyataan Pribadi Filosofi Pendidikan Untuk Dosen

Ketika diminta untuk menulis sebuah pernyataan pada filosofi pendidikan mereka, dosen banyak kemiripan dengan profesional, atlet, atau seniman jika diminta untuk mengartikulasikan bagaimana  mencapai tujuan mereka: "Mengapa saya harus menghabiskan waktu untuk menulis ini? Kenapa saya tidak bisa melakukannya? Karena berorientasi pada tindakan individu, permintaan untuk menuliskan filosofi pribadi tidak hanya sedikit menjengkelkan, tetapi menyebabkan kecemasan untuk memulainya. Sehingga timbul pertanyaan yang dimaksud dengan Filosofis Pendidikan Untuk Dosen itu apa sih?"

Dalam iklim akademis saat ini ada kemungkinan bahwa dosen  akan diminta suatu pernyataan pendidikan pribadi selama karir mereka. Penekanan pada portofolio untuk keputusan personalia, komitmen baru oleh lembaga pendidikan, dan pasar kerja akademik yang ketat telah merangsang permintaan agar dosen perguruan tinggi dapat mengartikulasikan filosofi pendidika mereka. Pada banyak perguruan tinggi dan universitas,  Pernyataan Pribadi Filosofis Pendidikan Untuk Dosen menjadi bagian reguler dari syarat/berkas untuk promosi dosen. Pernyataan seperti itu sering diminta untuk bea  atau pelamar siswa atau untuk dana proyek-proyek pendidikan yang inovatif.

Selain memenuhi persyaratan, Pernyataan Pribadi Filosofis Pendidikan Untuk Dosen dapat digunakan untuk merangsang refleksi pada pembelajaran. Tindakan perenungan untuk mempertimbangkan tujuan, tindakan, dan visi seorang dosen memberikan kesempatan bagi pengembangan diri yang dapat memperkaya kemampuan pribadi dan profesional. Meninjau dan merevisi pernyataan  Pernyataan Pribadi Filosofis Pendidikan Untuk Dosen dapat membantu merefleksikan pertumbuhan mereka dan memperbaharui dedikasi mereka untuk tujuan-tujuan dan nilai-nilai pendidikan yang mereka pegang.

Format Surat Pernyataan

Salah satu ciri dari sebuah Pernyataan Pribadi Filosofis Pendidikan Untuk Dosen adalah personal dan individualitas. Namun, beberapa pedoman format umum yang dapat disarankan:

Surat pernyataan harus singkat, satu atau dua halaman paling banyak. Untuk beberapa tujuan, deskripsi yang diperpanjang adalah dimungkinkan, tetapi panjangnya harus sesuai konteks.

Pernyataan harus menghindari istilah teknis, bahasa pendukung dan konsep secara luas dapat digunakan. Jika pernyataan adalah untuk spesialis, pendekatan  lebih teknis dapat digunakan. Aturan umum adalah bahwa pernyataan harus ditulis dengan "penonton dalam pikiran".

Narasi, pendekatan orang pertama umumnya sesuai. Dalam beberapa bidang, pendekatan yang lebih kreatif, seperti puisi mungkin cocok dan dihargai, tetapi sebagian besar, sebuah pernyataan langsung dan terorganisir dengan baik lebih disukai.

Pernyataan tersebut harus reflektif dan pribadi. Apa yang membawa Pernyataan Pribadi Filosofis Pendidikan Untuk Dosen adalah untuk kehidupan serta sejauh mana menciptakan potret hidup dari seseorang tentang pembelajaran dan komitmen untuk karir.

Komponen Pernyataan

Komponen utama dari Pernyataan Pribadi Filosofis Pendidikan Untuk Dosen adalah deskripsi tentang bagaimana dosen berpikir pembelajaran terjadi, bagaimana mereka berpikir mereka dapat campur tangan dalam proses ini, apa tujuan utama mereka miliki untuk mahasiswa, dan apa tindakan yang mereka ambil untuk melaksanakan niat mereka.

Konseptualisasi pembelajaran. Menariknya, dosen perguruan tinggi sebagian besar setuju bahwa salah satu fungsi utama mereka adalah untuk memfasilitasi pembelajaran siswa, namun yang paling menarik ketika ditanya bagaimana pembelajaran itu terjadi. Hal ini mungkin disebabkan fakta bahwa ide-ide mereka tentang hal ini lebih bersifat intuitif dan berdasarkan pengalaman, bukan kesadaran pada teori yang diartikulasikan. Kebanyakan belum mempelajari literatur tentang pembelajaran mahasiswa dan pengembangan atau belajar kosa kata untuk menjelaskan pemikiran mereka. Tugas mengartikulasikan konseptualisasi pembelajaran itu memang sulit.

Banyak dosen telah mendekati cara menjelaskan bagaimana cara berpikir siswa saat pembelajaran terjadi melalui penggunaan metafora. Menggambarkan perbandingan dengan contoh diketahui dapat merangsang pemikiran bila metafora benar-benar digunakan dalam pernyataan itu. Sebagai contoh, ketika diminta untuk memberikan metafora, seorang dosen yang menjelaskan pembelajaran siswa tentang amuba. Dia secara rinci menerangkan bagaimana organisme berhubungan dengan lingkungan membran permeabel, gerakannya, dan lingkungannya, serta menerjemahkan ini ke dalam konteks belajar-mengajar dengan gambar atau perbandingan agar mahasiswa menjangkau dan memperoleh pengetahuan ini. Grasha (1996) telah melakukan eksplorasi yang luas dari metafora untuk menjelaskan pengajaran dan pembelajaran. Sebuah contoh klasik yang juga berisi eksplorasi metafora pengajaran dan pembelajaran oleh Israel Scheffler: "The Language of Education" (1960). Reinsmith (1994) menerapkan ide arketipe untuk mengajar. 

Sebuah pendekatan langsung bagi dosen untuk menjelaskan apa yang mereka pikirkan terjadi selama episode pembelajaran, berdasarkan pengamatan dan pengalaman mereka atau berdasarkan literatur yang ada saat ini pada pengajaran dan pembelajaran. Beberapa sumber yang berguna yang meringkas gagasan saat belajar dalam cara yang sangat mudah terkandung pada buku Svinicki (1991), Weinstein & Meyer (1991), dan Bruning (1994). Dosen juga dapat meringkas apa yang telah mereka amati dalam praktek mereka sendiri tentang gaya belajar yang berbeda yang menampilkan tempo yang berbeda, cara mereka bereaksi terhadap kegagalan, dan sejenisnya. Deskripsi tersebut dapat menampilkan kekayaan pengalaman dan kepekaan dosen terhadap pembelajaran mahasiswa.

Konseptualisasi mengajar. Ide tentang bagaimana dosen dapat memfasilitasi proses belajar mengikuti dari model belajar mahasiswa telah dijelaskan. Jika metafora telah digunakan, peran dosen dapat menjadi perpanjangan dari metafora. Misalnya, jika pembelajaran siswa telah digambarkan sebagai pengolahan informasi yang dilakukan oleh komputer, apakah dosen bertindak sebagai teknisi komputer, perangkat lunak, database? Jika deskripsi untuk mengarahkan pembelajaran mahasiswa telah diartikulasikan, apa peran dosen terhadap motivasi mereka? Bagaimana dosen dapat merespon gaya belajar yang berbeda, membantu mahasiswa yang frustasi, mengakomodasi kemampuan yang berbeda?

Tujuan untuk mahasiswa. Menggambarkan peran dan perincian bagaimana dosen dapat membantu mahasiswa belajar, tidak hanya untuk konten tertentu, tetapi juga keterampilan prosesnya, seperti berpikir kritis, menulis, dan memecahkan masalah. Hal ini juga termasuk pada pembelajaran seumur hidup - bagaimana dosen dapat membantu mahasiswa menghargai dan memelihara keingintahuan intelektual mereka, hidup etis, dan memiliki karir yang produktif. Bagi kebanyakan dosen, lebih mudah untuk mulai dengan tujuan konten pembelajaran, misalnya keinginan mahasiswa untuk memahami prinsip-prinsip desain aerodinamis atau pengobatan hipertensi. Tujuan proses terkait, seperti pemecahan masalah atau keterampilan rekayasa dan diagnostik medis, mungkin dijelaskan selanjutnya. Diakhiri, karir dan tujuan seumur hidup: seperti kerja tim, etika, dan komitmen sosial.

 

Pelaksanaan filosofi. Bagian yang sangat penting dari Pernyataan Pribadi Filosofis Pendidikan Untuk Dosen adalah deskripsi tentang bagaimana konsep tentang pengajaran dan pembelajaran dan tujuan bagi siswa  diterjemahkan ke dalam tindakan. Untuk sebagian besar kita, bagian dari pernyataan itu adalah paling mengungkapkan dan paling berkesan. Hal ini juga umumnya lebih menyenangkan dan kurang menantang untuk ditulis. Di sini, dosen menjelaskan bagaimana mereka melakukan manajemen kelas, mengajar siswa, mengembangkan sumber daya instruksional, atau mengukur kinerja kelas. Dosen menyediakan rincian tentang apa strategi instruksional  yang mereka gunakan sehari-hari. Ini adalah bagian dimana dosen dapat menampilkan kreativitas, antusiasme, dan kebijaksanaan mereka. Mereka dapat menggambarkan bagaimana mereka "Uji Sistem  Tanpa Kesalahan" atau teknik rekaman video untuk mempromosikan keterampilan kepemimpinan serta menerapkan gagasan-gagasan tentang bagaimana dosen dapat memfasilitasi pembelajaran. Dosen dapat menggambarkan apa yang mereka inginkan untuk pengalaman di kelas mahasiswa yang mereka ajarkan, laboratorium dan proyek independen yang mereka awasi. Dosen dapat menggambarkan tingkat energi mereka sendiri, kualitas mereka untuk menunjukkan sebagai model dan pelatih, iklim untuk membangun pengaturan di mana mereka mengajar.

Rencana Pertumbuhan Pribadi. Untuk beberapa tujuan, termasuk pada pertumbuhan pribadi seseorang sebagai seorang dosen juga penting dalam sebuah Pernyataan Pribadi Filosofis Pendidikan Untuk Dosen. Komponen reflektif dapat menggambarkan bagaimana seseorang tumbuh dalam pembelajaran selama bertahun-tahun, apa tantangan pada saat ini, dan apa tujuan jangka panjang diproyeksikan. Dalam menulis bagian ini, hal ini membantu untuk berpikir tentang bagaimana konsep-konsep seseorang serta tindakannya berubah dari waktu ke waktu. Mungkin menarik untuk melihat silabus lama atau sumber daya instruksional yang telah diciptakan sehingg bisa bertanya tentang asumsi implisit di balik produk tersebut. Dialog dengan rekan-rekan, perbandingan praktek pembelajaran dengan visi/misi, dan survey terhadap mahasiswa atau umpan balik pada pengajaran dapat membantu  pertanyaan, teka-teki, dan tantangan ini. Dari hal ini, visi dosen akan muncul serta  dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk menyimpulkan Pernyataan Pribadi Filosofis Pendidikan Untuk Dosen.

Contoh Pernyataan

Sejauh ini, Pernyataan Pribadi Filosofis Pendidikan Untuk Dosen dapat ditiru dari para sejawat yang mengajar dalam pengaturan atau disiplin yang sama. Karena pernyataan cenderung disesuaikan dengan konteks spesifik, contoh model "peer to peer" sangat tepat. Dialog dengan rekan-rekan  dapat membantu untuk merangsang ide-ide untuk Pernyataan Pribadi Filosofis Pendidikan Untuk Dosen milik sendiri.

Contoh lain  terkandung dalam buku-buku  portofolio mengajar, seperti Seldin (1993) dan O'Neil & Wright (1993). Buku reflektif pada pengajaran kampus yang efektif seringkali berisi deskripsi luas tentang filosofi pengajaran, seperti bab tentang "Developing a Personal Vision of Teaching" di buku Brookfield "The Skillful Teacher" (1990) dan bab "Three Teaching Principles" pada buku  Louis Schmier's "Random Thoughts" (1995).

Dikutip dari Tulisan "Nancy Van Note Chism, Ohio State University"

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=SYW7hPOmtzw&w=640&h=410]

Referensi

Brookfield, S. (1990). The skillful teacher. San Francisco: Jossey-Bass.

Bruning, R. (1994). The college classroom from the perspective of cognitive psychology. (pp. 3-22) In K. Pritchard & R. Sawyer (Eds.), Handbook of college teaching. Westport, CT: Greenwood Press.

Grasha, A. (1996). Teaching with style. Pittsburgh: Alliance Publishers.

O'Neil, C., & Wright, A. (1993). Recording teaching accomplishment. (4th ed). Halifax, Nova Scotia, CA: Dalhousie University.

Reinsmith, W. (1994). Archetypal forms in teaching. College Teaching, 42, 131-136.

Scheffler, I. (1960). The language of education. Springfield, IL: Charles Thomas.

Seldin, P. (1991). The teaching portfolio. Bolton, MA: Anker.

Seldin, P., & Associates (1993). Successful use of teaching portfolios. Bolton, MA: Anker.

Schmier, L. (1995). Random thoughts: The humanity of teaching. Madison, WI: Magna Publications.

Svinicki, M. (1991). Practical implications of cognitive theories. In R. Menges & M. Svinicki, (Eds.) College teaching: From theory to practice.  New Directions for Teaching and Learning, 45, pp. 27-37. San Francisco: Jossey-Bass.

Weinstein, C., & Meyer, D. (1991). Cognitive learning strategies and college teaching. In R. Menges & M. Svinicki, (Eds.) College teaching: From theory to practice.   New Directions for Teaching and Learning, 45, pp. 15-26. San Francisco: Jossey-Bass. 

No comments: