Friday, October 7, 2011

Pendidikan Untuk Kebahagiaan atau Kebahagiaan Untuk Pendidikan

Menurut Langeveld: "Pendidikan adalah setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah, buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebagainya) dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa." Sedangkan John Dewey mengatakan: "Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesama manusia." Ki Hajar Dewantara mengatakan: "Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya."

Di lain fihak, menurut Neil Nodding dari Universitas Cambridge (Pengarang buku "Happiness and Education"): "Kenyataan bahwa arti Kebahagian dan Pendidikan tampaknya semakin bertentangan akhir-akhir ini dan salah satu motif untuk menanganinya secara baik dan menjadi terkait erat. Kebahagiaan harus menjadi tujuan pendidikan, dan pendidikan yang baik harus memberikan kontribusi yang signifikan untuk kebahagiaan pribadi dan kolektif." Menurut dia, dari data-data yang ada telah meningkat kekhawatiran tentang hubungan antara hilangnya kebahagiaan, penderitaan, kebosanan, dan sekolah. Mengapa begitu banyak orang-orang kreatif membenci sekolah? Melihat penderitaan mereka terdokumentasi dengan baik, mengapa kita terus membenarkan dengan alasan lama, "Suatu saat nanti kamu akan berterima kasih atas ini"? Orang tua dan pendidik yang melanjutkan sikap ini, sebagian karena anak-anak dewasa begitu banyak berterima kasih kepada kita untuk kesuksesan yang mereka anggap - kesuksesan yang kadang-kadang dipertanyakan, bahwa itu adalah hasil kesengsaraan mereka sebelumnya. Maka, mereka siap, bahkan bersemangat, untuk menimbulkan babak baru penderitaan pada orang lain. Memang, banyak orangtua dan guru takut untuk tidak melakukan hal ini, takut bahwa anak-anak akan dimanjakan, siap, tidak disiplin, tidak berhasil, dan akhirnya tidak bahagia.

Melalui lebih dari lima dekade pengajaran dan pengasuhan, saya perhatikan juga bahwa anak-anak (dan orang dewasa, juga) belajar dengan hasil paling baik jika mereka bahagia. Ini bukan untuk mengatakan bahwa metode yang keras tidak pernah efektif dalam memproduksi pembelajaran, juga tidak berarti bahwa kekesalan dan kemarahan absen dari kehidupan mahasiswa yang bahagia. Sebaliknya, tantangan dan perjuangan merupakan bagian dari pencarian pengetahuan dan kompetensi. Perjuangan merupakan aspek pembelajaran yang tak terelakkan, kita sebagai pendidik  harus menciptakan perjuangan untuk siswa kita, dan siswa umumnya senang dengan studi seperti ini karena mereka lebih mampu memberi arti masa sulit dan mendapatkan hasilnya melalui perjuangan mereka dengan puas.

Ini adalah pengamatan utama yang telah membawa Neil Nodding ke sebuah studi tentang kebahagiaan dan pendidikan. Mengapa kita begitu sering mengalahkan tujuan kita sendiri dengan memilih cara yang jelas bertentangan dengan tujuan kita? Jika, misalnya, kita mengajarkan puisi dengan harapan bahwa itu akan menjadi sumber kebijaksanaan seumur hidup dan menyenangkan, mengapa kita membuat bosan siswa dengan analisis tanpa henti dan penekanan pada kosakata teknis? Mengapa kita katakan pada anak-anak untuk melakukan yang terbaik mereka dan kemudian memberi mereka nilai rendah saat terbaik mereka tidak sebagus orang lain? Mengapa dalam hal ini, kita memberikan nilai yang tidak membahagiakan sama sekali?

Terkait erat dengan pengamatan bahwa siswa yang senang belajar akan lebih baik daripada yang tidak bahagia adalah sesuatu yang harus kita perhatikan untuk menjadi lebih penting. Orang-orang bahagia jarang terlibat kekerasan, atau kejam. Karena itu, dipercaya adalah benar sebagian besar individu, kelompok-kelompok dan bahkan seluruh masyarakat bisa bahagia melalui proses pendidikan yang benar,  sementara yang lain menderita di bawah eksploitasi dan mengabaikan kehidupan. Kita harus bertanya apa orang tersebut bahagia? Bagaimanapun, kita harus menegaskan pernyataan awal: Individu yang bahagia jarang terlibat kekerasan atau sengaja menjadi kejam, baik kepada manusia lain, binatang atau mahluk selain manusia. Orientasi dasar kita untuk pendidikan moral, harus menjadi komitmen untuk membangun sebuah dunia di mana keduanya mungkin (Pendidikan dan Kebahagiaan) dan diinginkan agar siswa menjadi baik - dunia di mana siswa bahagia.

<iframe width="640" height="480" src="http://www.youtube.com/embed/bBEULVgh5Os" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Related articles, courtesy of Zemanta:

No comments: