Wednesday, October 12, 2011

Partisipasi Mahasiswa Menulis untuk Meningkatkan Diskusi Akademis

Menghubungkan diskusi kelas dengan menulis dapat membantu Anda fokus pada tujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Tips berikut tentang penggunaan menulis untuk meningkatkan diskusi dari Pusat Studi dan Pengajaran "The Ohio State University."

Bagaimana cara memfasilitasi partisipasi yang produktif dan aktif di kelas? Bagaimana kita bisa menghubungkan keterlibatan kelas dengan tulisan yang siswa lakukan di luar kelas?

 Beberapa dosen tertarik untuk melakukan diskusi dan keterlibatan mahasiswa, mereka melihat partisipasi dalam kelas sebagai cara untuk memperluas bagaimana mahasiswa berpikir tentang masalah tertentu atau menginterpretasikan suatu buku tertentu. Beberapa dosen mungkin mendekati topik keterlibatan kelas dengan sedikit gamang, mereka khawatir yang mungkin terjadi jika siswa tidak berpartisipasi dan percakapan berhenti, atau jika siswa terjebak dalam perdebatan yang panas tentang topik kontroversial. Menghubungkan diskusi kelas dengan partisipasi mahasiwa untuk menulis dapat membantu Anda memfokuskan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Menghubungkan keterlibatan kelas dan partisipasi menulis akan menjadi lebih penting bila kita harus menyesuaikan diri dengan mengajar kelas (semester) pendek!

Minggu Pertama: Awali dan akhiri kelas Anda dengan beberapa menit menulis bebas.

Hal ini  untuk membantu mahasiswa punya pendirian dan menyimpulkan pikiran mereka sendiri di kelas. Coba angkat masalah atau isu yang relevan ke kelas. Awali kelas Anda dengan memberikan mahasiswa waktu lima menit untuk menulis tentang referensi mereka. Ini akan memberi mereka waktu untuk "ganti persneling" dan fokus pada topik di kelas, dan juga akan memberi mereka sesuatu yang konkret untuk membangun partisipasi kelas. Setelah siswa menulis di akhir kelas, dapat membantu mereka untuk menarik pemikiran mereka selama periode itu, mulai mempertimbangkan isu-isu sesi berikutnya, dan menghubungkan diskusi untuk tugas-tugas mereka. Selain itu, jika Anda memiliki kesempatan untuk mengumpulkan tulisan mereka, Anda dapat memiliki gambaran yang benar-benar kaya dari apa yang siswa pikirkan dan bagaimana mereka belajar. Anda bahkan tidak perlu menilai refleksi-refleksi ini.

Tunjukkan bahwa menulis adalah cara yang baik untuk membangun pikiran seseorang, dan bahwa diskusi dan kuliah akan membantu membangun ide dari latihan menulis bebas. Menulis bebas dapat sangat efektif bila Anda mengarahkan siswa langsung terhadap pertanyaan tertentu atau masalah, dan ketika Anda secara eksplisit menghubungkan penulisan yang siswa lakukan untuk pembahasan atau kegiatan berikutnya .

Minggu Berikutnya: Mengembangkan kerja kelompok dan kegiatan diskusi.

yang meminta mahasiswa untuk praktek menulis dan mengembangkan keterampilan berpikir  yang mereka perlukan untuk tugas-tugas menulis mereka. Bagilah kelas menjadi kelompok-kelompok dan membuat kegiatan yang mendorong siswa untuk melatih keterampilan yang mereka akan gunakan dalam tulisan mereka dengan cara yang interaktif. Minta kelompok-kelompok itu untuk menulis tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan ini dan posting mereka ke papan diskusi atau membaca dengan suara keras di kelas.

Sebagai contoh, seorang dosen dalam ilmu sosial dapat meminta siswa untuk membentuk sebuah tesis operasional untuk mengatasi masalah atau pertanyaan yang luas. Kemudian, kelompok ini bisa berdiskusi variabel potensial yang beririsan untuk tesis kelompok lain, dan anggota kelompok ini bisa merevisi tesis mereka yang lebih baik untuk variabel tersebut.

Seorang dosen humaniora mungkin meminta siswa membangun suatu pernyataan analitis berdasarkan teks yang kelas telah membaca dan menganalisisnya. Kelompok mahasiswa kemudian bisa membaca bukti tekstual yang mendukung dan meragukan atau bertentangan dengan tesis yang ada, serta mereka bisa merevisinya karena menemukan dan mengintegrasikan bukti baru dari teks.

Dosen bisa menampilkan data dari studi yang ada dan meminta kelompok untuk mendiskusikan dan menulis kesimpulan yang mungkin menarik dari data-data tersebut. Kelompok itu kemudian membaca hasil riset asli, membandingkan dan mengevaluasi kesimpulan mereka dengan laporan penelitian yang sudah ada.

Dosen dapat menekankan bahwa siswa harus mendengarkan setiap posisi anggota kelompok  dan melalui dialog kolaboratif, menyepakati tesis dan bukti pendukung. Setelah siswa mempraktekannya secara singkat, menulis kolaboratif informal dapat membantu mereka melihat menulis sebagai sebuah proses  langsung dari keterlibatan kolaboratif. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk membahas bagaimana kolaborasi tidak terpisahkan untuk proses penelitian dan pengetahuan.

<iframe width="640" height="480" src="http://www.youtube.com/embed/5HePQWodWiQ" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Artikel terkait:


No comments: