Saturday, July 30, 2011

Dunia Manusia Dilihat Sebagai Kumpulan Masyarakat atau Komunitas Praktisi

Etienne Wenger seorang ahli komunitas  praktisi (Communities of Practice) dalam kuliah umumnya di Universitas Lancaster mengatakan:

Dunia manusia dapat dilihat sebagai sejumlah besar masyarakat atau komunitas  praktisi (Communities of Practice) - beberapa diantaranya sangat menonjol dan diakui, yang lain nyaris tidak terlihat. Belajar, kemudian dapat dipahami sebagai lintasan melalui lanskap praktek:memasuki beberapa komunitas, ada yang diundang atau ditolak, tetap terasing, melintasi batas-batas pengetahuan, terjebak atau terus bergerak. 

Dalam lanskap ini, baik inti komunitas praktisi dan sekeliling mereka menawarkan kesempatan untuk belajar. Belajar tidak hanya sekedar menguasai tubuh pengetahuan (Body of Knowledge), tetapi merupakan perjalanan diri sendiri. Mencapai tingkat "knowledgeability" (Kemampuan Pengetahuan) yang tinggi adalah masalah negosiasi identitas produktif serta hubungannya dengan berbagai praktik yang membentuk lanskap ini. 

Presentasi tentang "Etienne Wenger: Learning in and across landscapes of practice" dapat diunduh disini

<object width="640" height="390"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/MRY_DbOn8Sg?version=3&amp;hl=en_US"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowscriptaccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/MRY_DbOn8Sg?version=3&amp;hl=en_US" type="application/x-shockwave-flash" width="640" height="390" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true"></embed></object>

No comments: