Saturday, February 2, 2008

Jakarta Kebanjiran: Restropeksi Setahun Yang Lalu

Setelah tepat setahun yang lalu menjadi "figuran" di acara banjir di Jakarta, kemarin saya menolak peran yang sama....... Melihat hujan yang sejak malam sampai siang mengguyur Jakarta, otak dan hati saya melakukan rapat kilat untuk memutuskan apa yang harus dilakukan......Saya juga coba melupakan ingatan pada Lagu "Kompor Mleduk" dari Benyamin S yang menyitir "hobi" Kota Jakarta terhadap banjir....

Setelah sholat Jum'at saya memutuskan untuk segera pulang ke Bandung mencegah terlambatnya "jadwal shooting banjir" sehingga setahun lalu saya baru tiba di rumah lewat tengah malam......Saya hubungi Travel Roadtrip untuk memajukan jadwal keberangkatan dari jam 18:00 menjadi 14:00....dan berhasil. Pada saat sedang bersiap untuk lepas landas dari kantor, HR kantor kami menginfomasikan bahwa untuk mengantipasi efek banjir seperti tahun lalu, pegawai diperbolehkan pulang lebih cepat......
Alhamdullahi Rabbil Alamin....Selintas terlihat dari kaca jendela

Bergegas saya turun dari Gedung BRI-2 lantai 30 serta langsung menuju "boarding house" (tempat kost) untuk menyiapkan logistik mudik mingguan.....Wow.....hujan masih lebat dan saya tidak ke pool travel tersbut karena terhadang banjir.....Bahkan ada satu mobil yang terlambat dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi sehingga terendam dan mogok....Akhirnya diputuskan untuk meminta mobil travel tersebut menjemput ke tempat kost karena lokasinya berdekatan...dan singkat kata saya dapat terangkut.....

Sepanjang perjalanan di tol dalam kota Cawang arah Slipi mobil tidak bisa bergerak (dan itu terlihat mulai dari Semanggi sampai Pintu Tol Cikunir/Pondok Gede), arah sebaliknya mobil berjalan sangat lancar....Hal itu disebabkan adanya kemacetan total diarea Tomang, Cengkareng, Bandara dan sekitarnya yang menyebabkan mobil kesulitan masuk tol arah ke Cawang....

Singkat kata saya sampai di Bandung jam 17:30 yang berkondisi cuaca Mendung rintik-rintik....Hal ini sungguh berbeda dengan perjalanan setahun sebelumnya yang merupakan pengalaman pertama menempuh Jakarta-Bandung dalam waktu lebih dari 8 jam.....

No comments: